Hanya sebuah blog sederhana yang berusaha menyajikan pengetahuan.

KETERBATASAN ITU KELEBIHANKU

>> Minggu, 14 Agustus 2011

Seringkali seseorang merasa minder dengan keterbatasan yang ada pada dirinya, padahal di balik keterbatasan itu ada kelebihan unik yang hanya di miliki beberapa orang saja, kalau mereka sadar dan mau menggali potensi serta kreatifitas mereka, dengan begitu bisa menutupi keterbatasan yang ada pada diri  mereka. 

***
Sebenarnya keterbatasan adalah anugerah tuhan  yang luar biasa besar, mengingat kodrat manusia sebagai mahluk sosial. coba kita bayangkan apa yang terjadi ketika manusia tidak memiliki keterbatasan?? semua memiliki kelebihan bahkan bisa di bilang sangat sempurna maka manusia di muka bumi akan congkak, bisa2 berbuntut pada perbuatan dzalim, contohnya saja seorang manusia congkak yang memiliki kelebihan finansial, mungkin  akan membangun gedung menembus langit menandingi kekuasaan tuhan seperti manusia pada jaman nabi terdahulu. ckckck..
naudzubillah..


Tapi, sebenarnya apa sih keterbatasan itu??? nah, jika di definisikan keterbatasan adalah kemampuan seseorang yang belum bisa optimal karena suatu hambatan. Namun apakah kita mau terbelenggu dengan keterbatasan itu?? apalagi hingga keterbatasan itu menjadi suatu ancaman tuk jatuh lemah tak berdaya?? ckckck...

Pernah berpikir tentang diri kita dan mendiskripsikannya??? bagaimana keterbatasan diri kita?? pernah merasa minder?? sepertinya sudah banyak org berpikir demikian. Tapi bagaimana jika kita sedikit mengubah pola pikir kita mengenai suatu keterbatasan pada diri kita.  Misalnya mengubah suatu keterbatasan kita menjadi suatu kelebihan??? ^^
Satu hal yang perlu kita ingat keterbatasan itu bukan suatu masalah besar bagi kita, tapi suatu keuntungan jika kita sadar dan cermati. Sebab itulah sarana introspkesi, memperbaiki diri dan berbenah diri, harusnya kita bisa menjadi lebih kreatif untuk menutupi keterbatasan diri kita, dan tetap bisa mengaktualisasikan diri kita. "inilah saya meski dengan keterbatasan saya tetap bisa mencetak prestasi..." entah itu prestasi akademik, prestasi softskill maupun prestasi di masyarakat. Apalagi untuk kita yang tidak memiliki keterbatasan fisik malah harus bisa lebih dari orang2 yang memiliki keterbatasan tersebut.

Jika Menilik filosofi tujuan penciptaan manusia menurut pandangan islam bahwa manusia adalah mahluk paling sempurna diciptakan sebagai khalifah (pemimpin) di bumi. harusnya dengan filosofi tersebut kita bisa termotivasi untuk bangkit dari keterbatasan kita, mencoba sugestikan pada diri kita, bahwa kita sebagai pemimpin memiliki kekuasaan tak terbatas untuk melakukan hal apa pun, tapi tetap pada koridor kewajaran sesuai norma yg berlaku dimasyarakat. Setiap orang pasti memiliki keterbatasan apa pun itu baik fisik, mental/psikolog, namun bukan alasan untuk menyerah atau tidak berusaha mengembangkan diri secara maksimal. Untuk itu kenali kelemahan, kekurangan dan keterbatasan kita, pelajari minat dan kemampuan maksimal kita, asah, latih, kembangkan. dan bersiap menjadi pejuang masa depan sejati hingga titik klimaks kehidupan, dengan begitu keberadaan kita mulai diperhitungkan dalam masyarakat, dunia kerja, dan keluarga.

Semoga bermanfaat dan memotivasi diri kita ...
mari kita gali potensi, kemampuan dan kreativitas kita :))
Sukses buat anda ^^

0 komentar:

Posting Komentar

0 people have left comments

Commentors on this Post-

Diberdayakan oleh Blogger.

WEB DIRECTORY

Followers

  © Blogger template Werd by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP